PERBANDINGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) ANTARA YANG BERBANTUAN GEOGEBRA DAN GEOMETER’S SKETCHPAD

Nopia S, Rosi (2024) PERBANDINGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) ANTARA YANG BERBANTUAN GEOGEBRA DAN GEOMETER’S SKETCHPAD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (132kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (414kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (125kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (191kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (395kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (311kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kemampuan literasi matematis peserta didik pada pembelajaran Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) antara yang berbantuan Geogebra dan Geometer’s Sketchpad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experimental design dengan analisis menggunanakan uji-T dua sampel. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta kelas IX SMP Islam Plus Manonjaya. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas IX E sebagai kelas eksperimen I dan kelas IX D sebagai kelas eksperimen II. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan literasi matematis peserta didik. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menganalisis hasil tes kemampuan literasi matematis peserta didik menggunakan Microsoft Excel dan IBM SPSS Statistics Version 22. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, dilanjut uji homogenitas menggunakan Levene’s dan uji dua rata-rata menggunakan uji-T dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) berbantuan Geogebra lebih baik daripada yang berbantuan Geometer’s Sketchpad. Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, TPACK Berbantuan Geogebra, TPACK Berbantuan Geometer’s Sketchpad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:18
Last Modified: 12 Aug 2024 01:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item