Kuswandi, Pinka Putri (2024) PENGARUH KESADARAN HALAL, LABEL HALAL, HARGA, DAN DESAIN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN KEMASAN (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (224kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (350kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (247kB) |
|
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (337kB) |
|
Text
5. PEDOMAN LITERASI.pdf Download (484kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (414kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (236kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (734kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (842kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (681kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mahasiswa sebagai konsumen terbesar makanan kemasan khususnya mahasiswa Muslim di Universitas Siliwangi membuat mereka membutuhkan produk makanan kemasan yang memiliki label halal. Produk makanan kemasan juga harus memenuhi standar ketentuan syariat umat Islam dan harga yang wajar bagi para konsumen. Kesadaran halal, label halal, harga, dan desain kemasan merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal, label halal, harga, dan desain kemasan terhadap keputusan pembelian makanan kemasan baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Muslim Universitas Siliwangi yang pernah melakukan atau mengkonsumsi makanan kemasan dengan sampel sebanyak 150 responden. Hasil dari penelitian ini secara parsial menunjukan Kesadaran Halal berpengaruh positif siginifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung 3,634 > 1,655 ttabel berada pada tingkat signifikan 0.00 < 0.05. Kemudian Label Halal berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung 3,634 > 1,655 ttabel berada pada tingkat signifikan 0.00 < 0.05. Kemudian Harga berpengaruh positif siginifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung 6,286 > 1,655 ttabel berada pada tingkat signifikan 0.00 < 0.05. Kemudian Desain Kemasan berpengaruh positif siginifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung sebesar 9,111 > 1,655 ttabel berada pada tingkat signifikan 0.00< 0.05. Sedangkan secara simultan Kesadaran Halal, Label Halal, Harga, dan Desain Kemasan berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai fhitung diperoleh sebesar 26.422 dan Ftabel 2,43. Maka dapat disimpulkan bahwa Kesadaran Halal, Label Halal, Harga, dan Desain Kemasan berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan pada Mahasiswa Muslim Universitas Siliwangi. Kata Kunci: Keputusan Pembelian ,Halal, Harga, Kemasan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:17 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13074 |
Actions (login required)
View Item |