NURHAYATI, ELIS (2024) ELIS NURHAYATI 2024. PENGARUH MODEL RICOSRE TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK DAN BEBAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover (1).pdf Download (46kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan (1).pdf Download (286kB) |
|
Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf Download (118kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
05. Abstract.pdf Download (8kB) |
|
Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (9kB) |
|
Text
08. Daftar Isi.pdf Download (114kB) |
|
Text
09. Daftar Tabel.pdf Download (6kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (12kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (3kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (336kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (657kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (427kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model RICOSRE terhadap resiliensi akademik dan beban kognitif peserta didik kelas XI MIPA pada pembelajaran biologi di SMAN 2 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi pada sampel ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya sebanyak 282 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 8 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket resiliensi akademik sebanyak 28 pernyataan dan angket beban kognitif sebanyak 40 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ANOVA satu jalur dengan menggunakan SPSS versi 23 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,027 < 0,05 artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap resiliensi akademik dan beban kognitif peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya. Sehingga model RICOSRE ini dapat dijadikan alternatif pemilihan model pembelajaran bagi guru karena dapat mempengaruhi resiliensi dan beban kognitif peserta didik. Kata Kunci : Model RICOSRE, Resiliensi Akademik, Beban Kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:10 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13053 |
Actions (login required)
View Item |