DININGSIH, DEA SYNTYA (2024) PENGARUH PERMAINAN BATU, GUNTING, KERTAS BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP KECEMASAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (37kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (110kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (106kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (125kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (28kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (216kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (220kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (213kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (145kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (497kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (358kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan batu, gunting, kertas berbasis lesson study terhadap kecemasan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2023 - April 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 246 orang peserta didik dan terdiri dari 8 kelas XI MIPA. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar dengan 30 soal pilihan majemuk dan non-tes menggunakan Skala KAPPA-PHI dengan 30 item pernyataan. Data dianalisis dengan menggunakan uji one-way anova secara simultan dengan hasil sig 0,00 < 0,05 artinya berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan batu, gunting, kertas berbasis lesson study terhadap hasil belajar kognitif dan kecemasan komunikasi peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Permainan batu, gunting, kertas, Lesson Study, Hasil Belajar, Kecemasan Komunikasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 00:49 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 00:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12993 |
Actions (login required)
View Item |