RAHMASARY, DHEA FANIA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1-Cover.pdf Download (83kB) |
|
Text
2-Lembar Pengesahan.pdf Download (22kB) |
|
Text
3-Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf Download (29kB) |
|
Text
4-Pernyataan Keaslian.pdf Download (13kB) |
|
Text
5-Abstrak.pdf Download (9kB) |
|
Text
6-Kata Pengantar.pdf Download (130kB) |
|
Text
7-Daftar isi.pdf Download (211kB) |
|
Text
8-Daftar Tabel.pdf Download (167kB) |
|
Text
9-daftar gambar.pdf Download (168kB) |
|
Text
10-Daftar Lampiran.pdf Download (174kB) |
|
Text
11-Bab 1.pdf Download (146kB) |
|
Text
12-Bab 2.pdf Download (569kB) |
|
Text
13-Bab 3.pdf Download (399kB) |
|
Text
14-Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15-Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
16-Daftar pustaka.pdf Download (244kB) |
|
Text
17-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
18-Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir komputasional peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi barisan dan deret pada peserta didik yang mempunyai self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self-confidence, tes kemampuan berpikir komputasional, dan wawancara. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan instrumen non tes yaitu angket, dan instrumen tes yaitu soal kemampuan berpikir komputasional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X PPLG 2 SMKN 1 Majalengka yang diambil 3 orang sesuai dengan kategori self-confidence. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini diketahui bahwa subjek dengan kategori self-confidence tinggi (S-33) mampu menyelesaikan permasalahan dengan tepat dan memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir komputasional yaitu berpikir algoritma, dekomposisi, pengenalan pola, serta abstraksi dan generalisasi pola. Subjek dengan kategori self-confidence sedang (S-22) dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir komputasional yaitu berpikir algoritma, dekomposisi, pengenalan pola, serta abstraksi dan generalisasi. Sedangkan subjek dengan kategori self-confidence rendah (S-4) dapat menyelesaikan permasalahan namun kurang tepat dan memenuhi tiga indikator yaitu berpikir algoritma, dekomposisi, dan pengenalan pola. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Komputasional, Soal HOTS, Barisan dan Deret, Self�Confidence
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:27 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12977 |
Actions (login required)
View Item |