UTAMI, RITA YULIA YULESTARI RIZKI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024) SKRIPSI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (109kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (169kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (34kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (146kB) |
|
Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (100kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (87kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (97kB) |
|
Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (157kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (102kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (325kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (559kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 4 Tasikmalaya, permasalahan yang terdapat di SMA Negeri 4 Tasikmalaya adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas serta kurangnya inovasi model pembelajaran. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah ini ditandai berdasarkan hasil studi pendahuluan berupa wawancara kepada guru dan siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata 41,75. Peneliti menerapkan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik 190 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas sampel dengan masing-masing satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakuan (post-test) berupa soal uraian. Masing-masing soal tersebut mencakup indikator kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengolahan data yang digunakan berupa uji validasi instrumen, uji coba instrumen uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Berdasarkan perhitungan hipotesis didapatkan bahwa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:52 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:52 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12918 |
Actions (login required)
View Item |