HAYAT, DEVISA NAPISATUL (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPERIBADIAN KEIRSEY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (222kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (113kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (8kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (228kB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (335kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (238kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (368kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (294kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
Text
14, LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepriadian Keirsey yang terdiri dari 4 tipe kepribadian diantaranya guardian, artisant, rational, dan idealist. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket tipe kepribadian Keirsey, tes kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi bangun ruang sisi datar, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 peserta didik dari kelas VIII D SMP Terpadu riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya yang memiliki kecenderungan sangat kuat pada masing-masing tipe kepriadian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini peserta didik dengan tipe kepriadian guardian, artisant, rational, dan idealist memiliki perbedaan dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek tipe guardian dan artisan mampu menyelesaikan soal dengan dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran dan elaborasi. Subjek tipe rational mampu menyelesaikan soal dengan tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan dan elaborasi. Subjek tipe idealist mampu menyelesaikan soal dengan empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif matemtis, Tipe kepriadian Keirsey
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:36 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12915 |
Actions (login required)
View Item |