KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RSUD SMC KABUPATEN TASIKMALAYA DALAM KUALITAS LAYANAN MAKANAN RUMAH SAKIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

AGUNG, YUDI CAHYA (2024) KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RSUD SMC KABUPATEN TASIKMALAYA DALAM KUALITAS LAYANAN MAKANAN RUMAH SAKIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan makanan kepada pasien rawat inap bertujuan agar pasien rawat inap memperoleh asupan makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatannya dalam upaya mempercepat proses penyembuhan, mempertahankan dan meningkatkan status gizi. Program pelayanan gizi atau pelayanan makanan rumah sakit juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit dengan upaya penyediaan pelayanan gizi yang efisien dan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan lainnya. Berhasil atau tidaknya pelayanan makanan di rumah sakit dapat diperoleh dari kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan "Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya Dalam Layanan Makanan Rumah Sakit dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah sampel 113 responden. Uji statistik yang digunakan yaitu chi-square dengan taraf α = 0,05. Pada hasil penelitian ini tidak dapat diketahui hubungan antara kualitas layanan makanan, umur dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Tidak adanya hubungan yang signifikan antara jenis kelamin (p-value 0,355), pendidikan (p-value 0,156) dan pekerjaan pasien (p-value 1,000) dengan kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas layanan makanan di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya mempertahankan kualitas layanan makanan dengan professional karena mayoritas pasien merasa puas dengan layanan makanan yang diberikan rumah sakit dan tidak adanya hubungan antara karakteristik pasien dengan kepuasan layanan makanan rumah sakit. Kata Kunci : Kepuasan Pasien Rawat Inap, Kualitas Layanan Makanan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:03
Last Modified: 30 Jul 2024 02:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12723

Actions (login required)

View Item View Item