AGUNG, YUDI CAHYA (2024) KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RSUD SMC KABUPATEN TASIKMALAYA DALAM KUALITAS LAYANAN MAKANAN RUMAH SAKIT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
17. BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pelayanan makanan kepada pasien rawat inap bertujuan agar pasien rawat inap memperoleh asupan makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatannya dalam upaya mempercepat proses penyembuhan, mempertahankan dan meningkatkan status gizi. Program pelayanan gizi atau pelayanan makanan rumah sakit juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit dengan upaya penyediaan pelayanan gizi yang efisien dan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan lainnya. Berhasil atau tidaknya pelayanan makanan di rumah sakit dapat diperoleh dari kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan "Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya Dalam Layanan Makanan Rumah Sakit dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah quota sampling dengan jumlah sampel 113 responden. Uji statistik yang digunakan yaitu chi-square dengan taraf α = 0,05. Pada hasil penelitian ini tidak dapat diketahui hubungan antara kualitas layanan makanan, umur dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Tidak adanya hubungan yang signifikan antara jenis kelamin (p-value 0,355), pendidikan (p-value 0,156) dan pekerjaan pasien (p-value 1,000) dengan kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas layanan makanan di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya mempertahankan kualitas layanan makanan dengan professional karena mayoritas pasien merasa puas dengan layanan makanan yang diberikan rumah sakit dan tidak adanya hubungan antara karakteristik pasien dengan kepuasan layanan makanan rumah sakit. Kata Kunci : Kepuasan Pasien Rawat Inap, Kualitas Layanan Makanan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 02:03 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 02:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12723 |
Actions (login required)
View Item |