EVALUASI USABILITY MOBILE JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN HEURISTICEVALUATION

Fauzi, Fahmi Rizky (2023) EVALUASI USABILITY MOBILE JKN (JAMINAN KESEHATAN NASIONAL) DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN HEURISTICEVALUATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (159kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan TA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
03. Lembar Pengesahan Penguji.pdf

Download (120kB)
[img] Text
04. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (115kB)
[img] Text
05. Abstrak.pdf

Download (77kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (132kB)
[img] Text
07. Daftar Isi.pdf

Download (18kB)
[img] Text
08. Daftar Tabel.pdf

Download (84kB)
[img] Text
09. Daftar Gambar.pdf

Download (8kB)
[img] Text
10. Daftar Persamaan.pdf

Download (81kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (84kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (604kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (54kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kemajuan teknologi yang diperkenalkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang berbasis android untuk membantu masyarakat dalam melakukan pelayanan administrasi mengenai BPJS Kesehatan. Rating playstore aplikasi Mobile JKN tercatat 4,4 dari 5 bintang. Berdasarkan ulasan pengguna pada Playstore masih terdapat keluhan seperti sulit untuk mengakses aplikasi, captcha yang terus salah walaupun sudah mengisi dengan benar, data yang salah saat daftar bisa sukses terdaftar yang berarti validitas databasenya tidak sinkron dengan data faktualnya menyebabkan pengguna merasa kurang puas terhadap aplikasi. Penelitian ini dilakukan pengukuran kualitas usability dari aplikasi dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dan heuristic evaluation. Penelitian dengan metode SUS diperoleh skor sebesar 54,75 yang didapat dari sampel yang berjumlah 100 responden. Hasil menunjukkan skor tersebut berada pada grade D yang menunjukkan bahwa responden menilai bahwa aplikasi yang dibuat tergolong baik, dari segi Net Promoter Score (NPS) menunjukkan bahwa responden bersikap detractor yang berarti pengguna merasa kurang puas terhadap usability aplikasinya. Berdasarkan hasil penelitian heuristic evaluation, ditemukan sebanyak 33 permasalahan yang didapat oleh 3 evaluator.” Temuan masalah pada kesepuluh aspek heuristic, terdapat 2 aspek yang memiliki masalah tertinggi dengan rata-rata sebesar 2 pada kategori minor yaitu aesthetic and minimalist design dan consistency and standards, 6 aspek memiliki tingkat severity rating tingkat cosmetic problem, dan hanya 2 aspek yang berkategori tidak ada masalah yaitu Match between system and the real world dan Flexibility and efficiency of use. Rekomendasi diusulkan untuk meningkatkan kegunaan aplikasi mobile JKN di masa depan. Rekomendasi yang diberikan difokuskan pada peningkatan fungsionalitas dan informasi pada kategori cosmetic problem dan minor serta kriteria Nielsen yang telah dikaitkan dengan pertanyaan SUS. Kata Kunci : Evaluasi Usability, System Usability Scale, Heuristic Evaluation, Mobile JKN

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:05
Last Modified: 30 Jul 2024 01:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12697

Actions (login required)

View Item View Item