PERMANA, INTAN (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANGANYAR KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (154kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
4 HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (262kB) |
|
Text
5 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (263kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) |
|
Text
7 DAFTAR TABEL.pdf Download (148kB) |
|
Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (141kB) |
|
Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (144kB) |
|
Text
10 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (131kB) |
|
Text
11 KATA PENGANTAR.pdf Download (263kB) |
|
Text
12 ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text
13 BAB 1.pdf Download (280kB) |
|
Text
14 BAB 2.pdf Download (205kB) |
|
Text
15 BAB 3.pdf Download (563kB) |
|
Text
16 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
17 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
18 BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) |
|
Text
20 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
Abstract
Pelayanan yang bermutu di Puskesmas dapat memberikan pelayanan kepada pasien yang didasarkan pada standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, sehingga dapat memperoleh kepuasan terhadap peningkatan kepercayaan pasien dan loyal terhadap Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Karanganyar Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah orang yang pernah berobat di Puskesmas Karanganyar pada bulan Januari 2023-Desember 2023 sebanyak 305 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 173 responden. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil uji statistik menggunakan rank spearman menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan pada dimensi tangible (bukti fisik) dengan koefisien korelasi 0,902, reliability (kehandalan) dengan koefisien korelasi 0,261, responsiveness (daya tanggap) dengan koefisien korelasi 0,691, assurance (jaminan) dengan koefisien korelasi 0,499, dan empathy (empati) dengan koefisien korelasi 0,549. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada Puskesmas Karanganyar yaitu perlu ditingkatkan kembali mengenai dimensi tangible (bukti fisik), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) dan reliability (kehandalan), yang masih kurang baik untuk meningkatkan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Karanganyar. Kata kunci: BPJS Kesehatan, Mutu Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Kepuasan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 08:19 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 08:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12675 |
Actions (login required)
View Item |