HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANGANYAR KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023

PERMANA, INTAN (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS KARANGANYAR KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (154kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
4 HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
5 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (263kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (148kB)
[img] Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (141kB)
[img] Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
10 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
11 KATA PENGANTAR.pdf

Download (263kB)
[img] Text
12 ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
13 BAB 1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
14 BAB 2.pdf

Download (205kB)
[img] Text
15 BAB 3.pdf

Download (563kB)
[img] Text
16 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
17 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
18 BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
20 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)

Abstract

Pelayanan yang bermutu di Puskesmas dapat memberikan pelayanan kepada pasien yang didasarkan pada standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, sehingga dapat memperoleh kepuasan terhadap peningkatan kepercayaan pasien dan loyal terhadap Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Karanganyar Kota Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah orang yang pernah berobat di Puskesmas Karanganyar pada bulan Januari 2023-Desember 2023 sebanyak 305 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 173 responden. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasil uji statistik menggunakan rank spearman menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan pada dimensi tangible (bukti fisik) dengan koefisien korelasi 0,902, reliability (kehandalan) dengan koefisien korelasi 0,261, responsiveness (daya tanggap) dengan koefisien korelasi 0,691, assurance (jaminan) dengan koefisien korelasi 0,499, dan empathy (empati) dengan koefisien korelasi 0,549. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada Puskesmas Karanganyar yaitu perlu ditingkatkan kembali mengenai dimensi tangible (bukti fisik), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) dan reliability (kehandalan), yang masih kurang baik untuk meningkatkan kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Karanganyar. Kata kunci: BPJS Kesehatan, Mutu Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Kepuasan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:19
Last Modified: 26 Jul 2024 08:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12675

Actions (login required)

View Item View Item