ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

ALIFIA, HANUM NUR’ (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (131kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (296kB)
[img] Text
03. Lembar Pernyataan.pdf

Download (98kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (72kB)
[img] Text
06. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (109kB)
[img] Text
07. Bab 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
08. Bab 2.pdf

Download (446kB)
[img] Text
09. Bab 3.pdf

Download (136kB)
[img] Text
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] Text
11. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
14. Riwayat Hidup.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran adaptif matematis dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) tipe climbers, peralihan campers menuju climbers, campers, peralihan quitters menuju campers dan quitters. Pada penelitian ini tidak diteliti peserta didik dengan AQ tipe peralihan quitters menuju campers dan AQ tipe quitters. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP-IT At-Taufiq Al-Islamy Tasikmalaya, dengan subjek penelitian yaitu sebanyak 3 orang dari kelas VIII terdiri dari satu peserta didik dengan AQ tipe climbers, satu peserta didik dengan AQ tipe peralihan campers menuju climbers dan satu peserta didik dengan AQ tipe campers. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket, melaksanakan tes, melaksanakan wawancara. Instrumen penelitian berupa angket Adversity Response Profile (ARP) yang terdiri dari 30 pernyataan dan soal HOTS yang memuat indikator kemampuan penalaran adaptif matematis berupa 1 soal uraian pada materi aritmetika sosial. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif, dengan langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa peserta didik dengan AQ tipe climbers (S2Cl), mampu mengerjakan soal tes dengan memenuhi kelima indikator kemampuan penalaran matematis. Peserta didik dengan AQ tipe peralihan campers menuju climbers (S18CaCl), mampu menyusun dugaan (conjecture); memeriksa kesahihan suatu argumen; menemukan pola dari suatu gejala matematis; tetapi tidak mampu dalam memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran; serta tidak mampu menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan dengan lengkap. Sedangkan peserta didik dengan AQ tipe campers (S11Ca), mampu menyusun dugaan (conjecture); memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran; menarik kesimpulan dari sebuah pernyataan; menemukan pola dari suatu gejala matematis; tetapi tidak mampu dalam memeriksa kesahihan suatu argumen. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis, Soal HOTS, Adversity Quotient (AQ)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:49
Last Modified: 26 Jul 2024 07:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12672

Actions (login required)

View Item View Item