PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI-3 di SMAS PGRI Kurnia Tahun Ajaran 2023/2024)

DINURUL AENI, ANDREA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI-3 di SMAS PGRI Kurnia Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (107kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (137kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran sejarah yang berkaitan dengan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI-3 di SMAS PGRI Kurnia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas XI-3 SMAS PGRI Kurnia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XI SMAS PGRI Kurnia, dengan sampel yang digunakan kelas XI-3 (kelas eksperimen) sebanyak 30 orang dan kelas XI-1 (kelas kontrol) sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan jumlah soal 19 soal. Pada pelaksanaan pembelajaran dilakukan sebanyak tiga pertemuan, di setiap pertemuan terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Hasil pengujian analisis statistik dengan menggunakan uji hipotesis Mann-Whitney, dengan nilai Sig. 0,001<0,05 (nilai probabilitas). Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa teradapat pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI-3 SMAS PGRI Kurnia. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu memberikan pengalaman belajar yang baru dan menyenangkan bagi peserta didik, dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis mereka khususnya dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Berdiferensiasi, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2024 02:43
Last Modified: 26 Jul 2024 02:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12650

Actions (login required)

View Item View Item