DINURUL AENI, ANDREA (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI-3 di SMAS PGRI Kurnia Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (97kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (419kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (177kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf Download (361kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (116kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (107kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (137kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (229kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (181kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (242kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (475kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam pembelajaran sejarah yang berkaitan dengan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI-3 di SMAS PGRI Kurnia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas XI-3 SMAS PGRI Kurnia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas XI SMAS PGRI Kurnia, dengan sampel yang digunakan kelas XI-3 (kelas eksperimen) sebanyak 30 orang dan kelas XI-1 (kelas kontrol) sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan jumlah soal 19 soal. Pada pelaksanaan pembelajaran dilakukan sebanyak tiga pertemuan, di setiap pertemuan terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Hasil pengujian analisis statistik dengan menggunakan uji hipotesis Mann-Whitney, dengan nilai Sig. 0,001<0,05 (nilai probabilitas). Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa teradapat pengaruh dari pembelajaran berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI-3 SMAS PGRI Kurnia. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu memberikan pengalaman belajar yang baru dan menyenangkan bagi peserta didik, dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis mereka khususnya dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Berdiferensiasi, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 02:43 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 02:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12650 |
Actions (login required)
View Item |