Nopal, Zacky M. (2024) PENGARUH HUBUNGAN PELANGGAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP RETENSI PELANGGAN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (31kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (224kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (177kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
|
Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf Download (128kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (181kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (363kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (634kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (302kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
Abstract
Retensi pelanggan merupakan upaya perusahaan dalam mempertahankan pelanggan yang diukur melalui perilaku pembelian pelanggan dengan frekuensi tertentu. Berdasarkan studi pendahuluan, retensi pelanggan sangat penting bagi Bank Syariah Indonesia di Kota Tasikmalaya dengan berbagai masalah yang melanda seperti adanya cyber hack dan persaingan antar lembaga keuangan syariah yang semakin tinggi agar Bank Syariah Indonesia di Kota Tasikmalaya dapat terus mempertahankan nasabah yang dimiliki karena mempertahankan nasabah yang sudah ada jauh lebih murah dibandingkan dengan mencari nasabah baru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hubungan pelanggan dan nilai pelanggan terhadap retensi pelanggan melalui kepuasan pada nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif asosiatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Kemudian populasi dan sampel pada penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia yang ada di Kota Tasikmalaya yaitu BSI KC Sutisna Senjaya, BSI KCP Masjid Agung, BSI KCP Hz Mustofa, dan BSI KCP Universitas Siliwangi dari berbagai usia dan kalangan sebanyak 313 responden. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM�PLS) dengan software SmartPLS 4. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1) Hubungan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan nilai t-statistik 7.380 > 1.96 dan p-value 0.000 < 0.05, 2) Nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan nilai t-statistik 5.201 > 1.96 dan p-value 0.000 < 0.05, 3) Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan dengan nilai t-statistik 5.663 > 1.96 dan p�value 0.000 < 0.05, 4) Hubungan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan dengan nilai t-statistik 3.859 > 1.96 dan p-value 0.000 < 0.05, 5) Nilai pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan dengan nilai t�statistik 1.946 < 1.96 dan p-value 0.052 > 0.05, 6) Hubungan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan melalui kepuasan dengan nilai t-statistik 4.504 > 1.96 dan p-value 0.000 < 0.05, 7) Nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan melalui kepuasan dengan nilai t-statistik 3.807 > 1.96 dan p-value 0.000 < 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepuasan (Z) mampu memediasi variabel hubungan pelanggan (X1) dan nilai pelanggan (X2) terhadap retensi pelanggan (Y) maka hipotesis diterima. Kata kunci: Hubungan Pelanggan, Nilai Pelanggan, Retensi Pelanggan, Kepuasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 04:11 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 04:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12458 |
Actions (login required)
View Item |