ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MENURUT HONEY DAN MUMFORD

HASANAH, SETIA NUR (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MENURUT HONEY DAN MUMFORD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (394kB)
[img] Text
03 Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
04 Lembar Pernyataan, Kata Pengantar, Daftar (Isi, Tabel, Gambar, Lampiran).pdf

Download (489kB)
[img] Text
05 BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
06 BAB 2.pdf

Download (498kB)
[img] Text
07 BAB 3.pdf

Download (472kB)
[img] Text
08 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
09 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
10 Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
11 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir analitis matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar menurut Honey dan Mumford yang terdiri dari 4 tipe gaya belajar diantaranya tipe aktivis, tipe reflektor, tipe teoris, dan tipe pragmatis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket gaya belajar menurut Honey dan Mumford yaitu Learning Style Questionnaire, tes kemampuan berpikir analitis matematis pada materi himpunan, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 peserta didik, diantaranya 2 peserta didik dari kelas VII A, 3 peserta didik dari kelas VII B dan 5 peserta didik dari kelas VII E di SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya yang konsisten memiliki satu tipe gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan bahwa peserta didik dengan gaya belajar tipe aktivis, reflektor, teoris, dan pragmatis memiliki perbedaan dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir analitis matematis. Peserta didik denga tipe aktivis dalam mengerjakan soal tes cenderung bertindak secara langsung dan kurang memerhatikan suatu hal yang bersifat terstuktur. Peserta didik dengan tipe reflektor mengerjakan dengan hati-hati dan penuh persiapan berdasarkan hal yang pernah diamati. Peserta didik dengan tipe teoris mengerjakan soal berdasarkan materi yang pernah dipelajarinya, sehingga perlu adanya pengkajian materi yang berkaitan dengan soal yang sedang dikerjakan. Peserta didik tipe pragmatis mengerjakan soal tes menggunakan langkah-langkah yang praktis. Kata kunci: kemampuan berpikir analitis matematis, gaya belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:25
Last Modified: 28 Mar 2024 07:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12365

Actions (login required)

View Item View Item