Akmal, Faisal (2024) ANALISIS STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA TOKO SALIRAHIJAB CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (76kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf Download (245kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (369kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (555kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (517kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (269kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
Abstract
Toko Salirahijab Ciamis merupakan usaha yang bergerak dibidang perdagangan jilbab dan fashion muslim yang berdiri sejak tahun 2021, dalam perkembangannya mengalami penurunan volume penjualan, hal ini disebabkan karena penggunaan promosi masih kurang efektif. Oleh karena itu, penelitian dilakukan dengan dua tujuan utama. Pertama, untuk megetahui bagaimana strategi promosi yang tepat dalam meningkatkan volume penjualan di toko Salirahijab Ciamis. Kedua, untuk mengetahui volume penjualan pada toko Salirahijab Ciamis. Dalam Penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik dan karyawan Salirahijab Ciamis. Sementara data sekunder diperoleh dari dokumen data penjualan, sosial media dan pembeli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan volume penjualan, Toko Salirahijab Ciamis menerapkan berbagai strategi promosi, termasuk advertising, sales promotion, publicity, dan personal selling. Dari keempat strategi tersebut, terbukti bahwa sales promotion menjadi yang paling tepat dalam meningkatkan volume penjualan Toko Salirahijab Ciamis, dengan penjualan mencapai 15-20 produk selama kegiatan promosi berlangsung. Selain itu, data juga menunjukkan bahwa volume penjualan di Salirahijab Ciamis pada tahun 2023 mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meskipun tahun 2021 mencatatkan penjualan tertinggi karena kehadiran toko baru di Kawali yang minim pesaing, namun terjadi penurunan pada tahun 2022 akibat kekurangan SDM di bagian promosi. Namun, dengan penambahan karyawan marketing pada akhir tahun 2022, penjualan tahun 2023 berhasil meningkat. Meski tidak mencapai jumlah penjualan pada tahun 2021, peningkatan signifikan terjadi terutama setiap bulan setelah dilakukan perbaikan dalam strategi promosi. Kata Kunci: Strategi Promosi, Toko Salirahijab Ciamis, Volume Penjualan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 02:34 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 02:34 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12334 |
Actions (login required)
View Item |