ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENURUT COONEY PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

ANDRIANI, TENI (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENURUT COONEY PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (126kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
ABSTRAK (TENI ANDRIANI) Pasca (1).pdf

Download (182kB)
[img] Text
ABSTRAK (TENI ANDRIANI) INGGRIS Pasca (1).pdf

Download (199kB)
[img] Text
04. KATA PENGANTAR.pdf

Download (204kB)
[img] Text
05. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
06. BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
07. BAB II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
08. BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
09. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
11. DAPUS.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan belajar menurut Conney pada materibentuk aljabar ditinjau dari kecemasan matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian dipilih dari 57 peserta didik kelas VII di SMPN 3 Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya , Jawa Barat. Subjek penelitian yang terpilih sebanyak 5 (lima) yang memenuhi kriteria sesuai dengan tujuan penelitian. Instrumen penelitian ini adalah penelitian itu sendiri, dengan instrument tambahan yaitu angket matematis, tes bentuk aljabar dan wawancara.indikator kesulitan belajar pada penelitian ini meliputi kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peserta didik mengalami kecemasan matematika yang berbeda ketika mengerjakan soal matematika pada setiap aspek Somatic,aspek cognitive, aspek Attitude,dan Aspek mathematical Knowledge. Kategori sangat tinggi terdapat pada aspek somatic yaitu mengeluarkan keringat berlebih pada telapak tangan karena tidak bisa mengerjakan soal matematika yang sulit. Peserta didik dengan tingkat kecemasan matematis yang berbeda yaitu tingkat kecemasan tingi, sedang, rendah dan sangat rendah mempunyai kesulitan belajar yang berbeda pula. Peserta didik dengan tingkat kecemasan sangat timggi dan tinggi kecemasan tinggi mengalami kesulitan di tiap indikator kesulitan. Peserta didik dengan tingkat kecemasan rendah tidak mengalami kesulitan dalam penggunaan konsep, tetapi kesulitan dalam penggunan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal. Peserta didik dengan tingkat kecemasan sangat rendah tidak mengalami kesulitan tiap indikator. Faktor-faktor penyebab kecemasan matematis serta kesulitan belajar timbul ketika pembelajaran matematika materi bentuk aljbar di sebabkan peserta didik merasa gugup menjelaskan hasil matematika di depan kelas karena tidak yakin bahwa jawaban yang diberikan benar. Kata Kunci: Kecemasan matematis, kesulitan belajar .aljabar

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:48
Last Modified: 14 Mar 2024 02:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item View Item