ANDRIANI, TENI (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENURUT COONEY PADA MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (126kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (70kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (223kB) |
|
Text
ABSTRAK (TENI ANDRIANI) Pasca (1).pdf Download (182kB) |
|
Text
ABSTRAK (TENI ANDRIANI) INGGRIS Pasca (1).pdf Download (199kB) |
|
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf Download (204kB) |
|
Text
05. DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (97kB) |
|
Text
06. BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
07. BAB II.pdf Download (350kB) |
|
Text
08. BAB III.pdf Download (229kB) |
|
Text
09. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
11. DAPUS.pdf Download (340kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan belajar menurut Conney pada materibentuk aljabar ditinjau dari kecemasan matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek penelitian dipilih dari 57 peserta didik kelas VII di SMPN 3 Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya , Jawa Barat. Subjek penelitian yang terpilih sebanyak 5 (lima) yang memenuhi kriteria sesuai dengan tujuan penelitian. Instrumen penelitian ini adalah penelitian itu sendiri, dengan instrument tambahan yaitu angket matematis, tes bentuk aljabar dan wawancara.indikator kesulitan belajar pada penelitian ini meliputi kesulitan dalam menggunakan konsep, kesulitan dalam menggunakan prinsip dan kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peserta didik mengalami kecemasan matematika yang berbeda ketika mengerjakan soal matematika pada setiap aspek Somatic,aspek cognitive, aspek Attitude,dan Aspek mathematical Knowledge. Kategori sangat tinggi terdapat pada aspek somatic yaitu mengeluarkan keringat berlebih pada telapak tangan karena tidak bisa mengerjakan soal matematika yang sulit. Peserta didik dengan tingkat kecemasan matematis yang berbeda yaitu tingkat kecemasan tingi, sedang, rendah dan sangat rendah mempunyai kesulitan belajar yang berbeda pula. Peserta didik dengan tingkat kecemasan sangat timggi dan tinggi kecemasan tinggi mengalami kesulitan di tiap indikator kesulitan. Peserta didik dengan tingkat kecemasan rendah tidak mengalami kesulitan dalam penggunaan konsep, tetapi kesulitan dalam penggunan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal. Peserta didik dengan tingkat kecemasan sangat rendah tidak mengalami kesulitan tiap indikator. Faktor-faktor penyebab kecemasan matematis serta kesulitan belajar timbul ketika pembelajaran matematika materi bentuk aljbar di sebabkan peserta didik merasa gugup menjelaskan hasil matematika di depan kelas karena tidak yakin bahwa jawaban yang diberikan benar. Kata Kunci: Kecemasan matematis, kesulitan belajar .aljabar
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 02:48 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 02:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12324 |
Actions (login required)
View Item |