PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DISCOVERY LEARNING (DL) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X RPL SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya)

Rusada, Yayu Nurmala (2015) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DISCOVERY LEARNING (DL) MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X RPL SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
03 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
02 SURAT KETERANGAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
04 PERNYATAAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
06 ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (92kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (24kB)
[img] Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (872kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (362kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik yang lebih baik antara yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan Discovery Learning (DL) melalui pendekatan saintifik dan mengetahui kemandirian belajar matematik peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol hanya postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X RPL SMK Muhammadiyah Kota Tasikmalaya. Pemilihan sampel dilakukan secara acak menurut kelas, yaitu kelas X RPL 1 sebagai kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas X RPL 3 sebagai kelas yang menggunakan model Discovery Learning (DL). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes kemampuan berpikir kritis matematik dan pemberian angket pernyataan dengan skala kemandirian belajar matematik. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kritis matematik dan pernyataan dalam skala kemandirian belajar matematik. Teknik analisis yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata�rata dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik lebih baik dari kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning (DL) melalui pendekatan saintifik. Hasil analisis data kemandirian belajar matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) melalui pendekatan saintifik berada dalam kategori tinggi. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematik, Model Problem Based Learning (PBL), Model Discovery Learning (DL), Kemandirian Belajar Matematik Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:39
Last Modified: 07 Mar 2024 07:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12291

Actions (login required)

View Item View Item