ANALISIS PENGELOLAAN SISTEM LAYANAN INFORMASI KEUANGAN (SLIK) DEBITUR PADA OTORITAS JASA KEUANGAN TASIKMALAYA

Arofian, Chaedar (2024) ANALISIS PENGELOLAAN SISTEM LAYANAN INFORMASI KEUANGAN (SLIK) DEBITUR PADA OTORITAS JASA KEUANGAN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (139kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
3. EMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4. ABRSTAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (175kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (165kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (170kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (440kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (299kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)

Abstract

Sistem Layanan Informasi Keuangan yang selanjutnya disingkat SLIK adalah sistem informasi yang dikelola oleh OJK untuk mendukung pelaksanaan layanan informasi di bidang keuangan serta digunakan perbankan sebagai alat untuk menganalis nasabah dalam memberikan pembiayaan. Seiring perkembangannya SLIK Debitur tidak selamanya berjalan dengan baik. Kerap kali terjadinya kesalahan penginputan data NIK milik debitur pada SLIK yang dilakukan kreditur dan merugikan nasabah. Salah satu pegawai bagian Edukasi Perlindungan Konsumen OJK Tasikmalaya mengatakan hal serupa pernah terjadi di Kota Tasikmalaya. Pada akhirnya nasabah merasa dirugikan akan hal tersebut. Secara teori menurut POJK menjelaskan pelaku usaha jasa keuangan wajib bertanggung jawab atas kerugian konsumen yang disebabkan pihak terkait. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti perlu menganalisis pengelolaan Sistem Layanan Informasi Keuangan pada Otoritas Jasa Keuangan Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pengelolaan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Debitur pada Otoritas Jasa Keuangan Tasikmalaya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan uji kredibilitas menggunakan peneliti menggunakan triangulasi sumber data. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Hubberman yang memiliki 3 tahap yaitu ; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa SLIK Debitur sangat bermanfaat bagi perbankan sebagai manajemen resiko dalam pembiayaan, sedangkan bagi nasabah SLIK Debitur bermanfaat untuk melihat track record peminjaman yang pernah dilakukan oleh nasabah. Permasalahan terkait kesalahan penginputan data NIK milik nasabah, maka dapat disimpulkan terjadi pada saat pengelolaan atau penginputan data nasabah yang dilakukan pelapor dalam hal ini perbankan. OJK selaku pengelola SLIK Debitur hanya menerima hasil pelaporan yang dilakukan oleh perbankan. Maka, berdasarkan permasalah tersebut pelapor harus melakukan Cross Check/koreksi data agar tidak merugikan nasabah serta upaya pemberian perlindungan hukum bagi debitur. Dalam hal ini jelas bahwa tanggung jawab terhadap kesalahan serta kelalaian tersebut menjadi kewajiban bagi perbankan. Dalam membantu memberikan perlindungan konsumen OJK dapat memberikan sanksi administrasi berupa denda kepada perbankan terkait serta OJK dapat terus mengembangkan terkait pengelolaan SLIK Debitur agar masyarakat dengan mudah mengakses SLIK Debitur. Kata Kunci: OJK, SLIK Debitur, Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 07 Mar 2024 06:53
Last Modified: 07 Mar 2024 06:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12287

Actions (login required)

View Item View Item