MA’RUF, NURYANA IBNU AMIN (2023) PORTRAYING SELF-REGULATED LEARNING OF EFL VISUAL LEARNERS IN ACCOMPLISHING ASSIGNMENTS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (153kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (387kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (173kB) |
|
Text
Kata pengantar, daftar isi, tabel, lembar peryataan.pdf Download (422kB) |
|
Text
Daftar Isi (Revisi).pdf Download (64kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (123kB) |
|
Text
BAB 2 (REVISI).pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) |
Abstract
Menyelesaikan tugas bukanlah hal yang mudah bagi sebagian siswa, termasuk pembelajar visual karena mereka memerlukan alat bantu visualisasi untuk membantunya memperoleh informasi dan mengolahnya dengan baik dan self�regulated learning merupakan strategi yang dapat membantu mereka secara efektif. Penggunaan strategi pembelajaran teregulasi mandiri yang efektif secara signifikan berdampak pada kemampuan siswa untuk belajar secara efektif dan mencapai kesuksesan (Lawson et al., 2019). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajar visual EFL mengatur pembelajarannya dalam menyelesaikan tugas. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif. Peserta terdiri dari dua mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta menunjukkan secara kognitif, metakognitif, dan perilaku dalam menyelesaikan tugas. Secara rinci laporan temuannya adalah sebagai berikut; (1) Menggunakan strategi kognitif dan metakognitif dalam pengaturan diri, dan (2) Menerapkan strategi perilaku dalam pengaturan diri. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran teregulasi mandiri berkontribusi dalam menstimulasi pembelajaran teregulasi mandiri siswa visual EFL untuk menyelesaikan tugas mata kuliahnya. Implikasi dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlibatan pembelajaran teregulasi mandiri sebagai proses belajar yang konstruktif dalam penyelesaian tugas. Kata kunci: Pembelajaran Teregulasi, EFL, Pelajar Visual, Penyelesaian Tugas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 03:12 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 03:12 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12259 |
Actions (login required)
View Item |