METAKOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI SELF- EFFICACY PESERTA DIDIK

PERMATAFURI, RATNA (2022) METAKOGNITIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI SELF- EFFICACY PESERTA DIDIK. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
lembar pernyataan.pdf

Download (94kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir metakognitif peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik ditinjau dari self-efficacy tinggi (ST), self�efficacy sedang (SS), self-efficacy rendah (SR). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah dua peserta didik self-efficacy tinggi (ST), dua peserta didik self-efficacy sedang (SS), dan satu peserta didik self-efficacy rendah (SR). Penggolongan setiap self-efficacy menggunakan angket yang diberikan kepada 5 peserta didik kelas XII MIPA SMAN 4 Tasikmalaya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes metakognitif dalam soal pemecahan masalah matematik tipe uraian, angket dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan berupa deskripsi atau gambaran suatu objek dari pertimbangan hasil penilaian soal berkaitan dengan metakognitif, hasil dari angket self efficacy dan wawancara. Teknik analisis data tes menggunakan teknik perbandingan indikator metakognitif. Teknik angket menggunakan perhitungan dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik self-efficacy tinggi (ST) memenuhi semua indikator berpikir metakognitif dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik, walaupun sebagian dari peserta didik ada yang selesai setelah ada nya stimulus. Proses berpikir metakognitif siswa self-efficacy sedang (SS) memenuhi semua indikator ada kendala dalam proses waktu yang dibutuhkan subjek self-efficacy sedang (SS) menjadi pembeda dengan self�efficacy tinggi, self-efficacy rendah (SR) peserta didik yang memenuhi hanya satu indikator berpikir metakognitif pada tahap planning dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik. Kata kunci: proses berpikir metakognitif, pemecahan masalah matematik, self- efficacy

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:07
Last Modified: 05 Mar 2024 08:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12241

Actions (login required)

View Item View Item