TEACHERS’ CORRECTIVE FEEDBACK IN SPEAKING CLASS: ACCENTUATING STUDENTS’ PERCEPTIONS

Habibi, Rifqy Yazeed (2023) TEACHERS’ CORRECTIVE FEEDBACK IN SPEAKING CLASS: ACCENTUATING STUDENTS’ PERCEPTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (195kB)
[img] Text
2. Approval Sheets.pdf

Download (793kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (660kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (94kB)
[img] Text
6. Abstract.pdf

Download (158kB)
[img] Text
4. Personal Page.pdf

Download (107kB)
[img] Text
8. Acknowledgement.pdf

Download (111kB)
[img] Text
7. Preface.pdf

Download (109kB)
[img] Text
9. Table of Contents.pdf

Download (121kB)
[img] Text
10. List of Tables.pdf

Download (43kB)
[img] Text
11. List of Enclosures.pdf

Download (71kB)
[img] Text
12. Chapter I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
13. Chapter II.pdf

Download (202kB)
[img] Text
14. Chapter III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
15. Chapter IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
16. Chapter V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
17. References.pdf

Download (193kB)
[img] Text
18. Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
19. Curriculum Vitae.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)

Abstract

Dalam kelas speaking mahasiswa cenderung mengalami beberapa tantangan dalam berbicara, terutama melakukan kesalahan (error) dalam tata bahasa dan pengucapan. Umpan balik korektif merupakan salah satu pendekatan yang cocok untuk mengatasi masalah ini dan telah diterapkan di banyak kelas speaking dalam membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan berbicara. Dengan menggunakan metode studi kasus deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi persepsi siswa tentang penerapan umpan balik korektif dalam kelas berbicara. Penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur yang melibatkan empat partisipan yaitu mahasiswa semester 6 dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di salahsatu Universitas di Tasikmalaya. Peneliti menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006) untuk menganalisis data wawancara. Penelitian ini menemukan bahwa umpan balik korektif yang dirasakan mahsiswa membantu mereka dalam memperbaiki kesalahan tata bahasa dan pelafalan serta meningkatkan kemahiran berbicara dengan meningkatkan kesadaran akan kesalahan dan mencegah pengulangan kesalahan. Namun demikian, para siswa juga memiliki masalah dengan penyampaian guru yang kurang tepat yang berdampak negatif pada perasaan mereka. Lebih lanjut, keselarasan antara umpan balik korektif yang tepat dan ekspektasi mereka mengenai pemberian umpan balik korektif oleh dosen, waktu koreksi, dan hasil yang diharapkan dapat dipertimbangkan dalam menerapkan umpan balik korektif yang efektif di kelas berbicara. Kata Kunci: Umpan Balik Korektif, Kesalahan Berbicara, Kelas Speaking, Persepsi Mahasiswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:41
Last Modified: 05 Mar 2024 07:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12239

Actions (login required)

View Item View Item