GENDER REPRESENTATION IN SELECTED CHAPTERS OF AN INDONESIAN ELT TEXTBOOK: A CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS

ARISANDI, RESTIKA (2023) GENDER REPRESENTATION IN SELECTED CHAPTERS OF AN INDONESIAN ELT TEXTBOOK: A CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (112kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (224kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (123kB)
[img] Text
5. PREFACE.pdf

Download (112kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (326kB)
[img] Text
8. CHAPTER 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
9. CHAPTER 2.pdf

Download (451kB)
[img] Text
10. CHAPTER 3.pdf

Download (283kB)
[img] Text
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)
[img] Text
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (302kB)
[img] Text
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
15. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Buku ajar tidak hanya memuat pengetahuan terkait materi pembelajaran. Secara implisit, buku ajar juga mencerminkan perspektif dan pandangan penulis terhadap topik yang dibahas. Pandangan ini dapat mempengaruhi cara pembaca memahami dan menafsirkan informasi yang disajikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap representasi gender yang terdapat di dalam salah satu buku ajar Bahasa Inggris dalam konteks Indonesia yang berjudul “Bahasa Inggris Think Globally Act Locally for Grade IX”. Data dikumpulkan melalui teknik analisis dokumen kemudian dianalisis menggunakan metode Analisis Wacana Kritis dengan pendekatan aktor sosial (van Leeuwen, 2008). Temuan dari penelitian ini menghasilkan beberapa tema, yaitu: (1) Pemuliaan Aktor Sosial Laki-Laki Melalui Pujian Metaforis; (2) Penggambaran Laki-Laki Sebagai Aktor Sosial yang Produktif Secara Ekonomi; (3) Penggambaran Perempuan sebagai Aktor Sosial yang Melakukan Banyak Tugas; (4) Penggambaran Laki-Laki dan Perempuan Sesuai Kodratnya; (5) Penyampaian Karakteristik Laki-Laki dan Perempuan Secara Sebanding. Hasilnya, stereotip gender ditemukan di dalam buku ajar tersebut. Meskipun laki-laki dan perempuan secara luas terwakili secara setara, mereka diperlakukan tidak adil dalam beberapa hal. Praktik ini menunjukkan dengan jelas bahwa gender direpresentasikan secara bias. Meskipun penelitian ini memberikan banyak kontribusi, penelitian ini juga menyoroti berbagai keterbatasan, seperti sumber data, teknik pengumpulan data, serta sudut pandang eksplorasi tunggal. Penelitian lebih lanjut dapat menyediakan lebih banyak buku ajar Bahasa Inggris untuk memperluas cakupan analisis buku ajar, menggabungkan teknik pengumpulan data, dan menggunakan Analisis Wacana Kritis Multimodal untuk analisis yang lebih kritis pada aspek visual dan verbal. v Kata kunci: Analisis Wacana Kritis, Representasi Gender, Bab-bab Terpilih dari Salah Satu Buku Ajar Bahasa Inggris dalam Konteks Indonesia, Aktor Sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:59
Last Modified: 04 Mar 2024 06:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item View Item