LUTFIANI, SILVIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ELASTISITAS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cicalengka Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (12kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (173kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (148kB) |
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text
06. ABSTRACT.pdf Download (269kB) |
|
Text
04. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (125kB) |
|
Text
07. KATA PENGANTAR.pdf Download (258kB) |
|
Text
08. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (123kB) |
|
Text
09. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (197kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (349kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (198kB) |
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (144kB) |
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (381kB) |
|
Text
15. BAB 3.pdf Download (568kB) |
|
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
|
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi elastisitas, pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan belum diterapkannya model pemecahan masalah. Peneliti berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran IDEAL Problem Solving. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IDEAL Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi elastisitas di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cicalengka tahun ajaran 2023/2024. Metode dan desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dan the nonequivalent posttest only control group design. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cicalengka tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cicalengka sebanyak 7 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis data keterlaksanaan model pembelajaran secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis data tes pada uji normalitas dengan rumus Chi-kuadrat menunjukkan bahwa sampel penelitian berdistribusi normal dan uji homogenitas dengan uji F menunjukkan bahwa sampel penelitian memiliki varians homogen. Pembuktian hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 01:08 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 01:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12152 |
Actions (login required)
View Item |