PERAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BSI KC TASIKMALAYA SUTISNA SENJAYA

Astuti, Widi (2024) PERAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BSI KC TASIKMALAYA SUTISNA SENJAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (54kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (75kB)
[img] Text
3. Pernyataan.pdf

Download (50kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (22kB)
[img] Text
5. Pedoman Translat.pdf

Download (139kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (72kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)
[img] Text
16. Biodata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia merupakan salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia bahkan bank berbasis syariah terbesar di Indonesia akan tetapi stratregi pemasaran dalam bentuk Electronic Word Of Mouth masih belum dimanfaatkan dengan baik oleh Bank Syariah Indonesia seperti contoh pada media sosial Instagram hanya memiliki satu akun Instagram yaitu yang dikelola langsung oleh pusat padahal media sosial tersebut dapat menarik ketertarikan masyarakat untuk menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia.Tujuan penilitiaan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui strategi pemasaran melalui electronic word of mouth yang diterapkan BSI KC Tasikmalaya Sutisna Senjaya. Untuk mengetahui peran electronic word of mouth dalam meningkatan keputusan pembelian di BSI KC Tasikmalaya Sutisna Senjaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif dan analisis flow model Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data dan kesipmulan. Hasil penelitian bahwa Strategi komunikasi pemasaran electronic word of mouth yang diterapkan pada BSI KC Tasikmalaya Sutisna Senjaya terdiri dari penerapan konsep strategi komunikasi pemasaran yaitu segmentasi, targeting, dan positioning. BSI KC Tasikmalaya Sutisna Senjaya juga melakukan bauran komunikasi pemasaran berupa periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, pemasaran interaktif menggunakan media sosial. Untuk model bauran komunikasi pemasaran hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal, acara dan pengalaman, dan word of mouth berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Pada electronic word of mouth menerapkan konten, intensitas, dan pendapat positif dan negatif berupa menggunggah foto dan video produk pada instagram, website dan tiktok. Penggunaan electronic word of mouth di era digital dalam pemasaran produk BSI KC Tasikmalaya Sutisna Senjaya dinilai sangat berperan yang dibuktikan dalam penerapannya, BSI KC Tasikmalaya Sutisna Senjaya menggunakan konsep AISAS yaitu perhatian (attention), ketertarikan (interest), pencarian data atau informasi (search), tindakan (action), dan berbagi (share) yang dalam pelaksanaanya BSI KC Tasikmalaya Sutisna Senjaya memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan penyebaran pemasaran secara online dan offline sehingga mudah untuk mencuri perhatian dan ketertarikan calon konsumen pada BSI KC Tasikmalaya Sutisna Senjaya serta pencarian informasi mengenai BSI KC Tasikmalaya Sutisna Senjaya bagi calon konsumen. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 13 Feb 2024 06:42
Last Modified: 13 Feb 2024 06:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12146

Actions (login required)

View Item View Item