Khotimah, Devi Nurul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENULIS PUISI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (205kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (3MB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3MB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas X dalam Kurikulum 2013 Revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi di kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis tahun ajaran tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Instrumen soal sebelum digunakan dalam penelitian ini, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis dan pengolahan data menggunakan uji prasyarat analisis statistik dan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada KD pengetahuan yaitu 50,03 (pretest) dan 79,53 (posttest). Rata�rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada KD keterampilan yaitu 62,81 (pretest) dan 87,92 (posttest). Rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada KD pengetahuan yaitu 50 (pretest) dan 71,03 (posttest). Rata�rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada KD keterampilan yaitu 63,54 (pretest) dan 83,36 (posstest). Persentase pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi di kelas eksperimen sebesar 57% dan 68%. Sedangkan persentase pengaruh penerapan model pembelajaran Ekspositori kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis pisi di kelas kontrol sebesar 45% dan 58%. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition lebih berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis unsur pembangun puisi dan menulis puisi di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2022/2023. Hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 03:05 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 03:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11999 |
Actions (login required)
View Item |