SUDIANA, DADAN (2015) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panawangan Tahun Pelajaran 2014/2015). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (28kB) |
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (83kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (145kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (75kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (222kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) |
|
Text
BAB I.docx.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (515kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (662kB) |
|
Text
BAB IV.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (152kB) |
|
Text
BAHAN AJAR PERTEMUAN 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
BAHAN AJAR PERTEMUAN 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
Text
BAHAN AJAR PERTEMUAN 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
|
Text
BAHAN AJAR PERTEMUAN 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text
BAHAN AJAR PERTEMUAN 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) serta bagaimana sikap peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan tipe Think Pair and Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Panawangan tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 167 orang. Sampel dalam penelitian di ambil dua kelas secara acak karena setiap kelas pada populasi memiliki kemampuan yang relatif homogen. Setelah dilakukan sampling terpilih kelas X-1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen II dengan masing-masing jumlah peserta didik 30 orang. Kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) pada materi dimensi tiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan berpikir kritis matematik dan angket sikap peserta didik. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dengan uji perbedaan dua rata-rata dan angket dengan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS), sikap peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) menunjukkan sikap positif dan sikap peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) menunjukkan sikap positif. Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematik, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS), Sikap Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 01:25 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 01:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11992 |
Actions (login required)
View Item |