EXPLORING FACTORS HINDERING INDONESIAN UNIVERSITY STUDENTS’ SPEAKING FLUENCY

MADHANI, ANGGIERA (2023) EXPLORING FACTORS HINDERING INDONESIAN UNIVERSITY STUDENTS’ SPEAKING FLUENCY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (262kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (992kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (126kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (139kB)
[img] Text
9. LIST OF TABLES.pdf

Download (151kB)
[img] Text
10. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (126kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (144kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Menguasai kefasihan berbicara sangat penting bagi pelajar EFL, terutama bagi mahasiswa dan pengajar EFL, namun hal ini masih sulit untuk dicapai. Dalam sebuah kasus di Indonesia, mahasiswa EFL menunjukkan beberapa bentuk ketidaklancaran berbicara di depan umum meskipun mereka telah menerima elemen-elemen yang mendukung mereka untuk mencapai kelancaran berbicara. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa yang menjadi presenter webinar pada tahun 2021 yang menunjukkan beberapa bentuk ketidaklancaran. Dengan menggunakan wawancara semi-terstruktur oleh (Adam, 2011) sebagai metode pengumpulan data dan analisis tematik oleh (Braun & Clarke, 2006) sebagai teknik analisis, penelitian ini menemukan beberapa faktor yang menghambat kefasihan berbicara di kalangan mahasiswa. Temuan tersebut dikelompokkan kedalam 3 kelompok faktor. Kelompok pertama merupakan yang paling dominan yaitu faktor afektif meliputi gugup, takut membuat kesalahan, kecemasan akan ujian, dan kurangnya latihan. Diikuti dengan faktor lingustik meliputi kosakata yang tidak terlalu banyak dan kurangnya pengetahuan mengenai ketatabahasaan. Faktor terakhir adalah fakto kognitif meliputi proses berpikir dan mengingat. Kata kunci: Kelancaran berbicara, pelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, berbicara didepan umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:57
Last Modified: 01 Feb 2024 03:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11930

Actions (login required)

View Item View Item