DECIPHERING THE STUDENTS’ LEARNING STYLES AMID ENGLISH LANGUAGE LEARNING PRACTICES: A VARK PERSPECTIVE IN A JUNIOR HIGH SCHOOL

SEKARSARI, GENIS ARIVANNY PUTRI (2023) DECIPHERING THE STUDENTS’ LEARNING STYLES AMID ENGLISH LANGUAGE LEARNING PRACTICES: A VARK PERSPECTIVE IN A JUNIOR HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (610kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (568kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN.pdf

Download (509kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (789kB)
[img] Text
5. BASTRAK.pdf

Download (732kB)
[img] Text
6. ABSTRACK.pdf

Download (732kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (674kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (676kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (595kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (593kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (753kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (751kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (704kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (684kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)

Abstract

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan gaya belajar siswa di tengah-tengah praktik pembelajaran bahasa Inggris dilihat dari perspektif VARK dalam kegiatan belajar mengajar. Sayangnya, penelitian tentang gaya belajar siswa berdasarkan pengalaman siswa masih kurang diteliti. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman siswa mengenai gaya belajar yang digunakan siswa, terutama di tengah-tengah praktik pembelajaran bahasa Inggris dilihat dari perspektif VARK. Dalam mengumpulkan data, peneliti mewawancarai lima peserta yang merupakan perwakilan kelas berdasarkan hasil skor UTS dan pembelajaran di kelas di sebuah sekolah menengah pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun &; Clarke, 2006). Ada beberapa point utama yang harus diperhatikan di tengah praktik pembelajaran bahasa Inggris di kelas SMP. Kita harus mulai dengan menganalisis metode pembelajaran yang paling dapat membuat anak tetap fokus saat belajar, sehingga gaya belajar siswa akan terlihat lebih mudah mengelola fokus dan pemahamannya di kelas. Temuan menunjukkan beberapa hasil mengenai gaya belajar siswa di tengah praktik pembelajaran bahasa Inggris dilihat dari perspektif VARK. Ini adalah; (1) Gaya Belajar Bahasa Inggris Visual, peserta didik visual memahami dan menyimpan informasi terbaik dengan melihat. (2) Auditory English Language Learning Style, peserta didik cenderung belajar informasi paling baik dengan mendengarnya. (3) Membaca/Menulis Gaya Belajar Bahasa Inggris. (4) Gaya Belajar Bahasa Inggris Kinestetik, peserta didik menikmati latihan fisik dan secara langsung memanipulasi objek dan bahan untuk lebih memahami cara kerja sesuatu. Kata kunci: Gaya Belajar Siswa, Praktik Pembelajaran Bahasa Inggris, Perspektif VARK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:28
Last Modified: 01 Feb 2024 03:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11926

Actions (login required)

View Item View Item