THE USE OF CODE-SWITCHING BY ENGLISH TEACHERS AS A COMMUNICATION STRATEGY IN EFL CLASSROOM: THE TEACHERS’ PERCEPTIONS

SULASTRI, ASTRI (2023) THE USE OF CODE-SWITCHING BY ENGLISH TEACHERS AS A COMMUNICATION STRATEGY IN EFL CLASSROOM: THE TEACHERS’ PERCEPTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (151kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (599kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
4. MOTTO.pdf

Download (91kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (177kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Dalam ilmu sosiolinguistik, fenomena alih bahasa dikenal dengan istilah alih kode. Praktik alih kode sendiri masih menarik perhatian kalangan peneliti, apakah alih kode merugikan sebagai pertanda kurangnya kompetensi guru ataukah bermanfaat sebagai strategi komunikasi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Terlepas dari kontroversi mengenai alih kode diantara para peneliti, sebagian besar guru masih mempraktekkannya di kelas EFL mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi guru dalam menggunakan alih kode pada proses pengajaran di kelas. Studi kasus deskriptif telah digunakan sebagai desain penelitian. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ada empat persepsi yang muncul dari guru dalam mengajar Bahasa Inggris menggunakan alih kode, yaitu: persepsi terhadap alasan dan dampak yang mendasari penggunaan alih kode, persepsi terhadap alih kode terkait akses subjek, persepsi terhadap alih kode terkait pengelolaan kelas dan persepsi terhadap alih kode dalam kaitannya dengan hubungan interpersonal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap penggunaan alih kode. Guru percaya bahwa penggunaan alih kode dapat membantu mereka menyampaikan konten, mengelola kelas, dan menunjukkan hubungan interpersonal di kelas. Meskipun penggunaan alih kode bermanfaat bagi pembelajar namun juga perlu dibatasi karena dapat merusak proses pemerolehan bahasa karena pembelajar tidak mendapatkan masukan yang komprehensif. Kata kunci: Alih kode, Strategi Komunikasi, Persepsi Guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:08
Last Modified: 01 Feb 2024 03:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11922

Actions (login required)

View Item View Item