SULASTRI, ASTRI (2023) THE USE OF CODE-SWITCHING BY ENGLISH TEACHERS AS A COMMUNICATION STRATEGY IN EFL CLASSROOM: THE TEACHERS’ PERCEPTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (151kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (599kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (258kB) |
|
Text
4. MOTTO.pdf Download (91kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (111kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (108kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (177kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (119kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
Abstract
Dalam ilmu sosiolinguistik, fenomena alih bahasa dikenal dengan istilah alih kode. Praktik alih kode sendiri masih menarik perhatian kalangan peneliti, apakah alih kode merugikan sebagai pertanda kurangnya kompetensi guru ataukah bermanfaat sebagai strategi komunikasi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Terlepas dari kontroversi mengenai alih kode diantara para peneliti, sebagian besar guru masih mempraktekkannya di kelas EFL mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi guru dalam menggunakan alih kode pada proses pengajaran di kelas. Studi kasus deskriptif telah digunakan sebagai desain penelitian. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ada empat persepsi yang muncul dari guru dalam mengajar Bahasa Inggris menggunakan alih kode, yaitu: persepsi terhadap alasan dan dampak yang mendasari penggunaan alih kode, persepsi terhadap alih kode terkait akses subjek, persepsi terhadap alih kode terkait pengelolaan kelas dan persepsi terhadap alih kode dalam kaitannya dengan hubungan interpersonal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap penggunaan alih kode. Guru percaya bahwa penggunaan alih kode dapat membantu mereka menyampaikan konten, mengelola kelas, dan menunjukkan hubungan interpersonal di kelas. Meskipun penggunaan alih kode bermanfaat bagi pembelajar namun juga perlu dibatasi karena dapat merusak proses pemerolehan bahasa karena pembelajar tidak mendapatkan masukan yang komprehensif. Kata kunci: Alih kode, Strategi Komunikasi, Persepsi Guru
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:08 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11922 |
Actions (login required)
View Item |