KORELASI ANTARA SELF EFFICACY DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS (Studi Korelasional di Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

PUTRI, RAHMA NURUL (2023) KORELASI ANTARA SELF EFFICACY DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS (Studi Korelasional di Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Hasil belajar yang didapat oleh peserta didik dapat dipengaruhi oleh faktor internal, contohnya adalah self efficacy dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara self efficacy dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika peserta didik pada materi gerak lurus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Tasikmalaya dengan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Desain penelitian pada penelitian ini yaitu memiliki dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMANegeri 8 Tasikmalaya. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket untuk mengukur self efficacy dan kecerdasan emosional serta tes untuk mengukur hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat berupa uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji linearitas, serta uji hipotesis menggunakan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi antara self efficacy dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika peserta didik pada materi gerak lurus dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (signifikansi<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,536 yang menandakan adanya korelasi yang cukup kuat. Kata kunci: Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:18
Last Modified: 30 Jan 2024 08:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11873

Actions (login required)

View Item View Item