ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI TIPE ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

HUDA, MIFTAHUL (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI TIPE ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (233kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Revisi.pdf

Download (681kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (41kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (118kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (48kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (27kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (28kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (30kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (72kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (523kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (236kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal geometri tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes gaya kognitif, tes soal geometri, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes GEFT dan tes geometri tipe AKM. Penelitian bertempat di SMPIT Ibadurrohman Kota Tasikmalaya, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang memiliki gaya kognitif konsisten dalam tes GEFT dan melakukan kesalahan berbeda dalam tes soal geometri menurut tahapan Newman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa subjek Field Dependen melakukan kesalahan pada semua tahapan yaitu: tahap membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Faktor penyebabnya adalah subjek terburu-buru, tidak memahami langkah yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal, tidak teliti dalam memahami soal, membutuhkan instruksi yang lebih jelas, dan tidak terbiasa melakukan pemeriksaan kembali jawaban. Sedangkan subjek Field Independen melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban. Faktor penyebabnya adalah subjek tidak terbiasa melakukan operasi hitung dengan angka yang lebih kompleks dan kesalahan pada tahap sebelumnya. Kata Kunci: Kesalahan Newman, Geometri, AKM, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:44
Last Modified: 30 Jan 2024 04:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11864

Actions (login required)

View Item View Item