PENERAPAN DISCOVERY LEARNING (DL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

SANDY, CAHYATY MUTIARA (2023) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING (DL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (328kB)
[img] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (282kB)
[img] Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (9kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
05. Abstract.pdf

Download (7kB)
[img] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (72kB)
[img] Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (44kB)
[img] Text
09. Daftar Tabel.pdf

Download (92kB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (94kB)
[img] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (151kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (665kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (889kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning (DL) berbantuan Artificial Intelligence berupa Chat GPT yang digunakan dalam sistem pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran biologi di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya sebanyak 7 kelas dengan total 250 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang dan kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Teknik pengumpulan data berupa pemberian instrumen keterampilan berpikir kritis berbentuk soal uraian sebanyak 15 soal berkaitan dengan materi ekosistem. Teknik analisis data dilakukan melalui uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorov�Smirnov diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,200 untuk kelas eksperimen serta 0,194 pada kelas kontrol artinya pada kedua kelas memiliki nilai signifikansi > 0,05. Uji Levene diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,253 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji t independen dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak. Hasil dari uji hipotesis pada penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan Discovery Learning (DL) berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran biologi di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Discovery Learning; Artificial Intelligence Learning System; Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:09
Last Modified: 30 Jan 2024 03:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item View Item