PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D

KANIA, DHINDA DWI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (412kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan Revisi Skripsi.pdf

Download (474kB)
[img] Text
4. Lembar Pernyataan.pdf

Download (526kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (77kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (71kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (132kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (130kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (61kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
12. Bab II.pdf

Download (596kB)
[img] Text
13. Bab III.pdf

Download (368kB)
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (86kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning berbantuan Cabri 3D yang lebih baik daripada yang tanpa bantuan Cabri 3D pada materi bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya dengan sampel penelitiannya kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan cara pengundian. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk menguji peningkatan dari pretest ke posttest, uji mann�whitney untuk perbandingan dengan Cabri 3D dan tanpa Cabri 3D, dan uji n-gain. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning berbantuan Cabri 3D memperoleh nilai N-Gain 0,5621 (sedang) sementara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning tanpa Cabri 3D memperoleh nilai N-Gain 0,3704 (sedang). Kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada yang tanpa bantuan Cabri 3D. Kata kunci: Peningkatan, Discovery Learning, Cabri 3D, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:03
Last Modified: 30 Jan 2024 03:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11850

Actions (login required)

View Item View Item