KANIA, DHINDA DWI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (83kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (412kB) |
|
Text
3. Surat Keterangan Revisi Skripsi.pdf Download (474kB) |
|
Text
4. Lembar Pernyataan.pdf Download (526kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (77kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (71kB) |
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (132kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (130kB) |
|
Text
10. Daftar Lampiran.pdf Download (61kB) |
|
Text
11. Bab I.pdf Download (97kB) |
|
Text
12. Bab II.pdf Download (596kB) |
|
Text
13. Bab III.pdf Download (368kB) |
|
Text
14. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
15. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (86kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
18. Riwayat Hidup Penulis.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning berbantuan Cabri 3D yang lebih baik daripada yang tanpa bantuan Cabri 3D pada materi bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya dengan sampel penelitiannya kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan cara pengundian. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk menguji peningkatan dari pretest ke posttest, uji mann�whitney untuk perbandingan dengan Cabri 3D dan tanpa Cabri 3D, dan uji n-gain. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning berbantuan Cabri 3D memperoleh nilai N-Gain 0,5621 (sedang) sementara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning tanpa Cabri 3D memperoleh nilai N-Gain 0,3704 (sedang). Kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada yang tanpa bantuan Cabri 3D. Kata kunci: Peningkatan, Discovery Learning, Cabri 3D, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 03:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 03:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11850 |
Actions (login required)
View Item |