PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

Ramadhina, Rindy Milla Antika (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (43kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[img] Text
6 DAFTER ISI GAMBAR TABEL GRAFIK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
8 BAB 2.pdf

Download (246kB)
[img] Text
9 BAB 3.pdf

Download (168kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN- LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
13 RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi merupakan pembelajaran yang berbasis teks. Salah satu teks yang dipelajari dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu teks berita. Teks berita menjadi salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik. Meskipun demikian, berdasarkan informasi yang penulis peroleh, di SMP Negeri 1 Sukaraja khususnya kelas VIII-E masih banyak peserta didik yang masih kurang tepat dalam menentukan unsur-unsur teks berita yang dibaca dan mengalami kesulitan dalam menyimpulkan isi teks berita. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melaksanakan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita dengan menggunakan model pembelajaran Gallery Walk. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Gallery Walk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2022/2023. Penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan teknik observasi, wawancara serta tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sukaraja Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pada siklus kesatu aspek pengetahuan (mengidentifikasi unsur-unsur teks berita), terdapat 14 peserta didik (46,67%) yang mampu mencapai KKM, dan 16 peserta didik (53,33%) yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus kedua, 30 peserta didik (100%) yang telah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan (menyimpulkan isi teks berita) siklus kesatu, terdapat 12 peserta didik (40%) yang mampu mencapai KKM, dan dan 16 peserta didik (60%) yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada siklus kedua, 30 peserta didik (100%) yang telah mencapai KKM 75 yang telah ditentukan. Selain itu, berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa nilai W hitung (0) lebih kecil daripada nilai W tabel (219,77) dalam taraf signifikasi 0,01. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti dalam proses pembelajaran siklus kesatu dan siklus kedua. Oleh karena itu, hipotesis penulis dapat diterima bahwa model pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan isi teks berita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:33
Last Modified: 29 Jan 2024 08:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11831

Actions (login required)

View Item View Item