RAFIF, DHIA (2023) EFEKTIVITASMODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN AUGMENTED REALITY TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (156kB) |
|
Text
04. PERNYATAAN.pdf Download (35kB) |
|
Text
03. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (366kB) |
|
Text
05. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (45kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (118kB) |
|
Text
08. BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Text
09. BAB II.pdf Download (722kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (216kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Augmented Reality terhadap pemahaman matematis peserta didik dan untuk mengetahui pemahaman matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Augmented Reality. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman matematis peserta didik. Hasil penelitian ini adalah Penggunaan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Augmented Reality efektif terhadap pemahaman matematis peserta didik, dibuktikan dengan sebanyak 90% peserta didik dalam satu kelas mencapai atau melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pemahaman matematika. Selain itu, penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Augmented Reality memiliki kategorisasi tinggi, sedang, dan rendah. Kategorisasi pemahaman matematis peserta didik secara keseluruhan memperlihatkan bahwa 67% peserta didik termasuk dalam kategori Tinggi, menandakan bahwa sebagian besar bahwa peserta didik mempunyai pemahaman matematis yang baik karena mampu memahami dan menjawab soal tes pemahaman matematis dengan tepat. Pada kategori Sedang, terdapat 23% peserta didik yang menandakan sejumlah peserta didik yang mampu memahami dan menjawab soal tes pemahaman matematis, namun masih ada beberapa kesalahan maka peserta didik kategori ini memiliki tingkat pemahaman matematis yang sedang. Di sisi lain, kategori pemahaman matematis Rendah, terdapat 10% peserta didik memiliki pemahaman matematis yang kurang baik, menunjukkan bahwa ada sebagian peserta didik yang masih perlu peningkatan pemahaman matematisnya karena peserta didik tidak bisa memahami soal sehingga banyak kesalahan atau bahkan tidak bisa menjawab soal tes pemahaman matematis. Kata kunci: Flipped Classroom, Augmented Reality, Pemahaman Matematis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 06:55 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 06:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11799 |
Actions (login required)
View Item |