PENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOGRAFI BERBASIS INTEGRATIVE LEARNING DESIGN FRAMEWORK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPATIAL THINKING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI KELAS XI IPS SMAN 5 TASIKMALAYA

INAYATILLAH, ANNE AZZAHRA (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOGRAFI BERBASIS INTEGRATIVE LEARNING DESIGN FRAMEWORK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPATIAL THINKING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI KELAS XI IPS SMAN 5 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (76kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (140kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini yaitu belum tersedianya modul ajar berbasis integrative learning design framework yang dimuat dalam suatu web-based learning untuk mata pelajaran geografi materi mitigasi bencana alam yang dapat menunjang peserta didik dalam meningkatkan kemampuan spatial thinking. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SMAN 5 Tasikmalaya, bahwa permasalahan yang diteliti mengenai proses pembelajaran Geografi dengan menggunakan modul ajar berbasis integrative learning design framework dan pengaruh penggunaan modul ajar berbasis integrative learning design framework terhadap peningkatan kemampuan spatial thinking. Variabel pada penelitian ini meliputi model pengembangan integrative learning design framework sebagai variabel bebas dan kemampuan spatial thinking sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan pengamatan, tes, angket, wawancara dan studi literatur. Jumlah sampel terdiri dari 36 peserta didik dari kelas eksperimen dan 36 peserta didik dari kelas kontrol dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan diawali dengan uji normalitas dan homogenitas data kemudian selanjutnya dilakukan uji statistika non parametrik dengan menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian terlaksananya langkah-langkah proses pembelajaran menggunakan modul ajar berbasis integrative learning design framework terhadap peningkatan kemampuan spatial thinking peserta didik melalui tahapan pendahuluan, kegiatan inti dan evaluasi serta pre-test dan post-test pada awal pertemuan dan akhir pertemuan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh setelah menggunakan modul ajar berbasis integrative learning design framework terhadap peningkatan kemampuan spatial thinking peserta didik dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci: integrative learning design framework, discovery learning, spatial thinking

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jan 2024 06:39
Last Modified: 26 Jan 2024 06:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item