INAYATILLAH, ANNE AZZAHRA (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR GEOGRAFI BERBASIS INTEGRATIVE LEARNING DESIGN FRAMEWORK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPATIAL THINKING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI BENCANA ALAM DI KELAS XI IPS SMAN 5 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (301kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (233kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (76kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (124kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (140kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (428kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini yaitu belum tersedianya modul ajar berbasis integrative learning design framework yang dimuat dalam suatu web-based learning untuk mata pelajaran geografi materi mitigasi bencana alam yang dapat menunjang peserta didik dalam meningkatkan kemampuan spatial thinking. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SMAN 5 Tasikmalaya, bahwa permasalahan yang diteliti mengenai proses pembelajaran Geografi dengan menggunakan modul ajar berbasis integrative learning design framework dan pengaruh penggunaan modul ajar berbasis integrative learning design framework terhadap peningkatan kemampuan spatial thinking. Variabel pada penelitian ini meliputi model pengembangan integrative learning design framework sebagai variabel bebas dan kemampuan spatial thinking sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan pengamatan, tes, angket, wawancara dan studi literatur. Jumlah sampel terdiri dari 36 peserta didik dari kelas eksperimen dan 36 peserta didik dari kelas kontrol dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan diawali dengan uji normalitas dan homogenitas data kemudian selanjutnya dilakukan uji statistika non parametrik dengan menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian terlaksananya langkah-langkah proses pembelajaran menggunakan modul ajar berbasis integrative learning design framework terhadap peningkatan kemampuan spatial thinking peserta didik melalui tahapan pendahuluan, kegiatan inti dan evaluasi serta pre-test dan post-test pada awal pertemuan dan akhir pertemuan. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh setelah menggunakan modul ajar berbasis integrative learning design framework terhadap peningkatan kemampuan spatial thinking peserta didik dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci: integrative learning design framework, discovery learning, spatial thinking
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 06:39 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 06:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11798 |
Actions (login required)
View Item |