HIDAYATI, TITA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN METACOGNITIVE SCAFFOLDING TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GERAK LURUS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (382kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (352kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (126kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (437kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.pdf Download (302kB) |
|
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (463kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (196kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (148kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (604kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (719kB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (725kB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
|
Text
18.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Manonjaya diketahui bahwa keterampilan pemecahan masalah peserta didik tergolong kurang. Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi bahwa dalam pembelajaran kurang adanya proses yang mendukung keterampilan pemecahan masalah peserta didik dan guru belum membiasakan peserta didik untuk mengelola proses belajarnya sendiri. Permasalahan tersebut penting untuk diselesaikan karena keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki pada abad 21. Selain itu, keterampilan metakognitif juga dianggap penting untuk memastikan keberhasilan belajar peserta didik. Solusi yang dipilih peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Metacognitive Scaffolding. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CPS dengan Metacognitive Scaffolding terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak lurus di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian ini yakni seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya sebanyak 7 kelas berjumlah 252 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Metacognitive Scaffolding berpengaruh terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi gerak lurus di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024. Model ini juga memfasilitasi peserta didik untuk mengelola proses pemecahan masalah dan belajarnya sendiri. Kata kunci: creative problem solving, gerak lurus, keterampilan pemecahan masalah, metacognitive scaffolding.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 01:24 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 01:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11774 |
Actions (login required)
View Item |