NOVILLA, ALYA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS) –HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_Cover.pdf Download (59kB) |
|
Text
2_Lembar Pengesahan.pdf Download (741kB) |
|
Text
3_Surat Keterangan.pdf Download (256kB) |
|
Text
4_Surat Keaslian.pdf Download (51kB) |
|
Text
5_Abstrak.pdf Download (115kB) |
|
Text
6_Kata Pengantar.pdf Download (101kB) |
|
Text
7_Daftar Isi.pdf Download (49kB) |
|
Text
8_Daftar Tabel.pdf Download (131kB) |
|
Text
9_Daftar Gambar.pdf Download (42kB) |
|
Text
10_Daftar Lampiran.pdf Download (44kB) |
|
Text
11_Bab 1.pdf Download (248kB) |
|
Text
12_Bab 2.pdf Download (405kB) |
|
Text
13_Bab 3.pdf Download (236kB) |
|
Text
14_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
Text
15_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
Text
16_Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text
17_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
18_Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristic terhadap kemampuan berpikir komputasional dan motivasi belajar peserta didik, serta mengetahui kemampuan berpikir komputasional dan motivasi belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sukaratu. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling (random assignment). Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan berpikir komputasional dan angket motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menganalisis serta mengukur kemampuan berpikir komputasional dan motivasi belajar peserta didik menggunakan Microsoft Excel 2016. Uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F, uji hipotesis kemampuan berpikir komputasional uji dua rata-rata (pihak kanan) menggunakan Independent Sample T-Test dan uji hipotesis motivasi belajar peserta didik menggunakan uji Mann-Whitney (pihak kanan). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pempelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristic terhadap kemampuan berpikir komputasional dan motivasi belajar peserta didik. Kemampuan berpikir komputasional peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristic pada kategori tinggi 42,31%, pada kategori sedang 46,15%, pada kategori rendah 11,54%, dan rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 10,15 atau 63,44% yaitu pada kategori sedang. Motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristic pada kategori tinggi 26,92%, pada kategori sedang 34,62%, pada kategori rendah 38,46%, dan rata-rata skor secara keseluruhan sebesar 62,35 atau 70,85% yaitu pada kategori sedang. Kata kunci: Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristic, Kemampuan Berpikir Komputasional, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 04:54 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 04:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11754 |
Actions (login required)
View Item |