PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII-B Semester Ganjil SMP Negeri 1 Tasikmalaya Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Permatasari, Intan (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII-B Semester Ganjil SMP Negeri 1 Tasikmalaya Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (420kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (386kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (380kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (377kB)
[img] Text
9. DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (377kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (531kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)

Abstract

Menganalisis isi dan struktur teks eksposisi serta menyajikan teks eksposisi dengan memperhatikan isi, struktur, dan kebahasaan merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum tersebut, guru harus memberikan pembelajaran yang efektif, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menelaah isi dan struktur teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyajikan gagasan, pendapat dalam bentuk teks eksposisi dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpuan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 dalam menelaah isi dan struktur serta menyajikan teks eksposisi. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus kesatu dan siklus kedua. Pada siklus kesatu untuk KD pengetahuan terdapat 11 orang (34,37%) yang mendapat nilai di atas KKB, 2 orang (6,25%) yang mendapat nilai sesuai KKB, dan 19 orang (59,37%) yang mendapat nilai di bawah KKB sedangkan untuk KD keterampilan terdapat 5 orang (15,6%) yang mendapat nilai di atas KKB, 4 orang (12,5%) yang mendapat nilai sesuai KKB, dan 23 orang (71,9%) yang mendapat nilai di bawah KKB. Pada siklus kedua untuk KD pengetahuan terdapat 18 orang (56,25%) yang mendapat nilai di atas KKB dan 14 orang (43,75%) yang mendapat nilai sesuai dengan KKB sedangkan untuk KD keterampilan terdapat 21 orang (65,63%) yang mendapat nilai di atas KKB dan 11 orang (34,37%) yang mendapat nilai sesuai dengan KKB. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menelaah isi dan struktur serta menyajikan teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:44
Last Modified: 24 Jan 2024 07:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item