Teaching EFL Experience during Pre-Service Teaching Practicum in Vocational High School: A Narrative Inquiry

ANJANI, NADYA GITA (2021) Teaching EFL Experience during Pre-Service Teaching Practicum in Vocational High School: A Narrative Inquiry. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER .pdf

Download (389kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (315kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (427kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Praktikummengajar bagi guru pra-jabatan telah lama dianggap sebagai pengalaman terbaik dan komponen yang berpengaruh untuk menjadi guru profesional. Pengalaman mengajar ini didapatkan saat praktik mengajar di SMK. Ketika seorang mahasiswa S1 menjadi guru praktikan, di saat itu mereka akan mengalami kesulitan dan tantangan selama mengajar di sekolah kejuruan dan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana para guru praktikan belajar dari kesulitan selama kegiatan mengajar dan membuat mereka meningkatkan dan mengembangkan kembali kemampuan dan keterampilannya dalam mengajar menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana pengalaman sebagai guru praktikan di salah satu sekolah menengah kejuruan di Tasikmalaya dalam menghadapi tantangan dan kesulitan serta menjadikannya sebagai wawasan untuk menjadi guru yang profesional. Desain penelitian yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah narrative Inquiry dan buku harian saya selama program mengajar berbasis sekolah sebagai data utama. Kemudian, buku harian saya dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Pada akhirnya, hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor pemilihan metode pengajaran, kesulitan dengan perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, penggunaan L1 mempengaruhi seorang guru praktikan terhadap pengembangan karakternya untuk menjadi guru profesional, dan menunjukan bahwa identitas saya sebagai guru pra-jabatan adalah kompleks. Kata kunci: teaching EFL, teaching practicum, Vocational High School, narrative inquiry

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:14
Last Modified: 23 Jan 2024 04:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item