HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XII MIPA SMAN 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

SAPUTRI, CHYNTIA (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XII MIPA SMAN 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1_Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2_Lembar Pengesahan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
3_Pernyataan.pdf

Download (156kB)
[img] Text
4_Abstrak.pdf

Download (388kB)
[img] Text
5_Daftar-daftar.pdf

Download (304kB)
[img] Text
6_Bab 1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
7_Bab 2.pdf

Download (350kB)
[img] Text
8_Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
10_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
11_Daftar Pustaka.pdf

Download (399kB)
[img] Text
12_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Self esteem membantu mengaktifkan faktor pendorong seseorang untuk semakin berprestasi, membantunya menyelesaikan persoalan yang sukar salah satunya dalam meningkatkan prestasinya di pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan motivasi berprestasi peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas XII MIPA SMAN 9 Tasikmalaya. Penelitian dilaksanakan pada bulan desember-oktober 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas XII MIPA SMAN 9 Tasikmalaya sebanyak 4 kelas berjumlah 128 peserta didik. Sampel penelitian diambil dari kelas XII MIPA 2 sebanyak 31 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk kedua variabel yaitu instrumen non tes berbentuk angket dengan alternatif jawaban skala likert berjumlah 4 option. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi bivariat Pearson dan uji regresi sederhana dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara self esteem dengan motivasi berprestasi. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,533 yang berarti kekuatan korelasi kedua variabel berada pada kategori sedang. Nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,285. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi dari self esteem terhadap motivasi berprestasi peserta didik adalah sebesar 28,5%, sedangkan sisanya 71,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Pembelajaran Biologi, Self Esteem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Jan 2024 08:13
Last Modified: 22 Jan 2024 08:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11630

Actions (login required)

View Item View Item