MUHAROMAH, ARINI SITI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (47kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (209kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (13kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (578kB) |
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (158kB) |
|
Text
7. BAB 2.pdf Download (552kB) |
|
Text
8. BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
10. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Proses pendidikan saat ini peserta didik diharapkan memiliki beberapa kemampuan berpikir tingkat tinggi agar mampu menghadapi tantangan global di abad 21. Sebagaimana yang ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik di abad 21. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan melatih dan mendorong peserta didik untuk melakukan problem solving menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya sebanyak 7 kelas yang berjumlah 250 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 36 orang dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 36 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis berbentuk soal uraian yang berjumlah 18 butir soal mengenai materi sistem ekskresi manusia. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan perolehan nilai signifikansi 0.200 > 0.05 dan uji Levene dengan perolehan nilai 0.841 > 0.05. Uji hipotesis menggunakan uji t independen dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI MIPA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran; SSCS (Search, Solve, Create, and Share).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 06:22 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 06:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11619 |
Actions (login required)
View Item |