DESAIN DIDAKTIS BERBASIS PROBLEM SOLVING MATEMATIS PADA MATERI VEKTOR

MEILANA, TANTI VANIA (2023) DESAIN DIDAKTIS BERBASIS PROBLEM SOLVING MATEMATIS PADA MATERI VEKTOR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (253kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (38kB)
[img] Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (184kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (136kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi learning obstacle yang bersifat epistemological obstacle yang dialami peserta didik pada materi vektor yang selanjutnya dijadikan acuan untuk membuat hypothetical learning trajectory dan menghasilkan desain didaktis berbasis problem solving matematis. Penelitian ini menggunakan metode didactical design research (DDR) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik SMA Muhammadiyah Singaparna kelas XII IPA 2 untuk mengidentifikasi learning obstacle. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 5 tipe learning obstacle, yaitu 1) hambatan peserta yang didik tidak mampu dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi vektor; 2) hambatan peserta yang didik tidak mampu dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan panjang vektor; 3) hambatan peserta didik yang tidak mampu dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan vektor dari titik-titik yang berada dalam satu garis dengan perbandingan tertentu; 4) hambatan peserta didik yang tidak mampu dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sudut antara dua vektor; 5) hambatan peserta didik yang tidak mampu dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan panjang proyeksi vektor. Hypothetical learning trajectory pada materi vektor diawali dengan mengingat materi prasyarat, dilanjutkan dengan memahami konsep materi vektor, dan diakhiri dengan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan vektor diantaranya operasi vektor, panjang vektor, vektor dari titik-titik yang berada dalam satu garis dengan perbandingan tertentu, sudut antara dua vektor, dan panjang proyeksi vektor. Desain didaktis yang disusun berupa pemahaman konsep dan soal dengan penyelesaian terbimbing yang dipadukan dengan teori-teori yang relevan sebagai landasan dalam mengembangkan desain didaktis. Kata kunci: Desain Didaktis, Problem Solving Matematis, Vektor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:18
Last Modified: 22 Jan 2024 04:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11611

Actions (login required)

View Item View Item