ANALISIS BERPIKIR INTUITIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY

SETIYANAWATI, AGIL RAYINA (2023) ANALISIS BERPIKIR INTUITIF MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (198kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
abstract agil.pdf

Download (145kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir intuitif matematis ditinjau dari self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode eksploratif dengan teknik pengumpulan data melalui soal tes kemampuan berpikir intuitif matematis, angket kemampuan diri, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Instrument yang diberikan berupa soal tes kemampuan berpikir intuitif matematis, angket self efficacy, dan melakukan wawancara. Subjek dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas VII-A di SMPN Satu Atap 1 Jatiwaras. Pengambilan subjek dalam penelitian ini diambil secara purposive. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa berpikir intuitif matematis peserta didik dengan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah, pada indikator pertama yaitu daya imajinasi visual subjek S18 dan S25 mampu menggambarkan terlebih dahulu dari soal yang diberikan untuk memudahkan menjawab pertanyaan pada soal tersebut, pada indikator yang kedua yaitu kepekaan terhadap pola subjek S18 dengan self efficacy tinggi mampu melihat hubungan dan keteraturan diantara angka dan bentuk dalam soal yang telah diberikan, selanjutnya pada indikator ketiga yaitu kemampuan untuk membuat perkiraan subjek S25 dengan self efficacy rendah mampu menjawab soal tersebut dengan memperkirakan jawaban nya karena dengan melihat dan memperkirakan soal tersebut tepat jawabannya, untuk indikator yang keempat adalah koneksi antara konsep subjek S18 dengan self efficacy tinggi mampu mengaitkan konsep-konsep yang tampaknya tidak terkait dan peserta didik tersebut mampu menyelesaikan soal tersebut dengan pemahaman yang dia pahami, indikator yang kelima yaitu intuisi dalam pengambilan keputusan subjek S18 dan S25 dengan self efficacy tinggi dan self efficacy rendah dalam mengerjakan soal tersebut peserta didik mampu menjawab dengan membuat keputusan dalam soal tersebut yang peserta didik anggap benar tanpa pemahaman yang lengkap. Kata Kunci: Analisis, Berpikir Intuitif Matematis, Self Efficacy Tinggi dan Self Efficacy Rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:08
Last Modified: 22 Jan 2024 03:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item