RAHMAT, NANANG (2023) ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN JASA MODEL DI HANDAYANI FASHION TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (59kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (66kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
5. PEDOMAN.pdf Download (410kB) |
|
Text
4. ABSATRAK.pdf Download (128kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (230kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (342kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (163kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (528kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (476kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (68kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan jasa model digunakan untuk media promosi iklan produk perusahaan fashion di Tasikmalaya ini semakin marak dan dianggap sebagai hal wajib dalam melakukan promosi produk yang dikilankan. Model yang digunakan bermacam-macam gaya dari mulai menggunakan hijab dan tidak menggunakan hijab. Model tersebut mempunyai karakterisktik masing-masing dalam sesi foto. Perusahaan dalam mempromosikan produk fashion mereka, perlu menggunakan jasa model dan model tersebut mengenakan produk fashion yang iklankan dan melakukan sesi foto. Perusahaan dalam menggunakan jasa model itu tidak melihat unsur-unsur yang melanggar etika bisnis islam. Jasa model yang digunakan sebagai media promosi ini mengandung unsur tabarruj yaitu melanggar syari’at islam dengan bertujuan agar menarik minat beli konsumen. Pendekatan penelitian yag digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tektik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi ke tempat perusahaan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yag digunakan adalah Reduksi data, peyajian data, dan kesimpulan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukan, bahwa etika bisnis islam dalam penggunaan jasa model ini tidak memperhatian syari’at islam. memang perusahaan menggunakan jasa model yang viral dan mengesampingkan unsur tabarruj demi menarik perhatian konsumen dan menghasilkan keuntungan dengan meningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Jasa Model
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 01:24 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 01:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11594 |
Actions (login required)
View Item |