ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN JASA MODEL DI HANDAYANI FASHION TASIKMALAYA

RAHMAT, NANANG (2023) ANALISIS ETIKA BISNIS ISLAM DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN JASA MODEL DI HANDAYANI FASHION TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
5. PEDOMAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
4. ABSATRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (230kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (163kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (476kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (68kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan jasa model digunakan untuk media promosi iklan produk perusahaan fashion di Tasikmalaya ini semakin marak dan dianggap sebagai hal wajib dalam melakukan promosi produk yang dikilankan. Model yang digunakan bermacam-macam gaya dari mulai menggunakan hijab dan tidak menggunakan hijab. Model tersebut mempunyai karakterisktik masing-masing dalam sesi foto. Perusahaan dalam mempromosikan produk fashion mereka, perlu menggunakan jasa model dan model tersebut mengenakan produk fashion yang iklankan dan melakukan sesi foto. Perusahaan dalam menggunakan jasa model itu tidak melihat unsur-unsur yang melanggar etika bisnis islam. Jasa model yang digunakan sebagai media promosi ini mengandung unsur tabarruj yaitu melanggar syari’at islam dengan bertujuan agar menarik minat beli konsumen. Pendekatan penelitian yag digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tektik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi ke tempat perusahaan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yag digunakan adalah Reduksi data, peyajian data, dan kesimpulan verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukan, bahwa etika bisnis islam dalam penggunaan jasa model ini tidak memperhatian syari’at islam. memang perusahaan menggunakan jasa model yang viral dan mengesampingkan unsur tabarruj demi menarik perhatian konsumen dan menghasilkan keuntungan dengan meningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Jasa Model

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:24
Last Modified: 22 Jan 2024 01:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11594

Actions (login required)

View Item View Item