HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)

SALIMAH, KHANSA NURUL (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (41kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (99kB)
[img] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (41kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (116kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (349kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 283 peserta didik dan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 sebanyak 63 peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosional hasil adaptasi dari The Schutte Self Report Emotional Intellegence Test (SSEIT) sebanyak 26 pernyataan yang terdiri dari tiga indikator, diantaranya appraisal and expression of emotion, regulation of emotion, dan utilization of emotion. Sedangkan data hasil belajar diukur pada aspek kognitif yang menggunakan nilai Penilaian Tengah Semester (PTS) yang diperoleh dari guru biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan analisis data statistik uji korelasi bivariat pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 secara positif dan signifikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,623 yang menunjukkan bahwa hubungan berada dalam kategori kuat. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar; Peserta Didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Jan 2024 01:30
Last Modified: 19 Jan 2024 01:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item