HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SELAMA PEMBELAJARAN SECARA DARING (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

TARIYAH, AILSA (2023) HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SELAMA PEMBELAJARAN SECARA DARING (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (2).pdf

Download (163kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (29kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (62kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (26kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (23kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (191kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (384kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar peserta didik selama pembelajaran secara daring di kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik analisis uji korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya yang terdiri dari 7 kelas yang berjumlah 242 peserta didik. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI MIPA 7 SMAN 6 Tasikmalaya dengan jumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket self regulated learning yang diadaptasi dari Pintrich and De Groot (1990) yang sudah divalidasi berjumlah 20 pernyataan dan nilai rapor semester ganjil peserta didik kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self regulated learning dengan prestasi belajar peserta didik XI MIPA 7 SMAN 6 Tasikmalaya dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,470 yang termasuk ke dalam kategori korelasi lemah. Nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,221 yang artinya, variabel self regulated learning memberikan kontribusi sebesar 22,1% pada prestasi belajar peserta didik. Kata kunci: Peserta Didik, Self Regulated Learning, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:11
Last Modified: 18 Jan 2024 07:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11558

Actions (login required)

View Item View Item