ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI SELF AWARENESS

ALIFAH, KIKI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI SELF AWARENESS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (177kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (67kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (28kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
11. BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text
12. BAB 2 - LANDASAN TEORETIS.pdf

Download (199kB)
[img] Text
13. BAB 3 - PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
14. BAB 4 - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5 - SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari self awareness tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan literasi matematis, pengisian angket, dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti, soal tes kemampuan literasi matematis, angket self awareness, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IX di SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa dengan self awareness tinggi (ST) menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, menyusun dan menggunakan prosedur sesuai konsep matematika, menginterpretasikan hasil ke dunia nyata, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika. ST berusaha dan yakin dapat menemukan jawaban, memahami emosi dalam dirinya, yakin dapat mencapai cita�cita. Siswa dengan self awareness sedang (SS1) menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, menggunakan langkah-langkah sesuai konsep matematika, serta menginterpretasikan hasil matematika ke dunia nyata. Siswa dengan self awareness sedang (SS2) menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan untuk menggunakan strategi, menggunakan prosedur sesuai konsep matematika, serta menginterpretasikan hasil matematika ke dunia nyata. SS1 dan SS2 berusaha dan yakin saat mengerjakan soal sudah benar, memahami emosinya, yakin dapat mencapai cita-cita. Siswa dengan self awareness rendah (SR) menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, menggunakan konsep teorema Pythagoras tetapi merasa kebingungan, menuliskan kesimpulan jawaban meskipun tidak tepat. SR berusaha mengerjakan soal meskipun merasa ragu dengan langkah yang ditulis, belum dapat memahami emosinya, serta merasa yakin harus mencapai cita-cita. Kata kunci: kemampuan literasi matematis, self awareness

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:46
Last Modified: 15 Jan 2024 08:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item